7 Cara Mengobati Hati Teman yang Patah Hati

Bagaimana pun situasi teman anda, sebagai teman yang baik keberadaan anda sangat membantunya dalam menyembuhkan patah hatinya. Berikut adalah cara membantu teman anda yang sedang patah hati.

 

 

Mungkin sobat ruangjuara pernah mengalami yang namanya galau akibat putus dengan orang yang kalian yang cintai, tapi bagaimana jika hal itu menimpah teman dekat kalian? Mungkin anda akan melakukan segalanya untuk membantu teman anda melewati masa sulitnya, Bagaimana pun situasi teman anda, sebagai teman yang baik keberadaan anda sangat membantunya dalam menyembuhkan patah hatinya. Berikut adalah cara membantu teman anda yang sedang patah hati :

1. Menjadi pendengar yang baik

Dengan cara mencurahkan perasaannya tentu akan membantu teman anda untuk mengobati patah hati yang sedang ia rasakan, Jadi oleh karena itu pastikan ia agar mengetahui bahwa anda selalu berada disampingnya untuk mendengarkannya kapan pun ia membutuhkan anda. Jadilah seorang pendengar yang baik dan biarkanlah teman anda berbicara selama mungkin sampai ia merasa tenang.

 

2. Bersikap empati

Pastikan bahwa teman anda mengetahui bahwa anda memperdulikan perasaannya dan ingin membantunya melewati masa sulit yang sedang ia hadapi. Daripada memberikan penilaian negatif, akuilah rasa sakitnya dan katakan bahwa anda ikut bersedih atas apa yang anda rasakan.

 

3. Periksalah teman anda

Biasanya apabila seseorang mengalami yang namanya patah hati pasti akan berdampak cukup lama. Jadi anda jangan berharap ia akan baik saja setelah satu atau dua hari. Selalu tanyakan kabarnya dan bagaimana keadaan perasaanya. Selalu ingat dia bahwa anda selalu di sampingnya untuk membantu dan mendukung ia kapan pun yang ia butuhkan dan ia inginkan.

 

4. Tawarkan bantuan

Ketika seseorang mengalami patah hati biasanya dia akan mengabaikan tugas-tugas dalam kehidupan sehari-harinya, Oleh karena itu tawarkan ia bantuan untuk melakukan hal itu. Contohnya mengerjakan tugas sekolah nya, Jika teman anda menolak tawaran yang anda berikan beri tahu dia bahwa tawaran akan selalu terbuka untuk dirinya.

 

Baca Juga : Tips berhemat untuk kamu pelajar dan mahasiswa

 

5. Jangan memaksakan Bantuan

Meskipun anda adalah salah satu teman terbaiknya, pasti ada batasan kemampuan anda untuk membantunya. Biasanya apabila seseorang sedang mengalami patah hati ia ingin tertutup. Oleh karena itu jangan terlalu memaksa untuk membantunya, berikan dia waktu untuk berduka dengan caranya sendiri.

 

6. Bantu dia untuk Mandiri

Jika sahabat anda terbiasa melakukan segala sesuatu bersama orang yang tidak lagi berada dengannya, Seperti mantan pacar, ia mungkin akan merasakan sangat butuh terhadap orang tersebut untuk melewati masa sulitnya.  Bantulah ia untuk menyadari bahwa ia sanggup hidup bahagia tanpa dengan keberadaan orang tersebut dengan cara mendorongnya melakukan segala sesuatu bersama teman-teman atau sendirian.

 

7. Jauhkan dia dari kata Pelampiasan

Biasanya seseorang yang mengalami patah hati akan melakukan hal yang namanya pelampiasan, dengan cara melakukan hubungan dengan orang lain yang tidak di taksirnya, padahal hal ini bisa membuat lukanya menjadi lebih parah.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu. Tentu tidak serta merta berhasil. Setidaknya Anda bisa membantu dengan cara yang baik. Banyak orang hanya bisa menyaksikan bahkan menambah orang semakin terpuruk. Jadilah orang yang bermanfaat dengan melakukan sesuatu yang berharga bagi orang lain.


Rizki Hermawanza

12 Blog posting

Komentar