3 Langkah Sederhana untuk Mengurangi Penggunaan Plastik

Banyaknya sampah plasik membawa masalah tersendiri. Sampah ini bisa membawa dampak besar pada lingkungan. Terutama merusak jika tidak dikelola dengan baik.

Berbicara mengenai sampah plastik tidak akan ada habisnya. Meskipun sudah banyak pihak yang mensosialisaikan untuk mengurangi penggunaan plastik, tapi masih ada saja yang belum bisa melaksanakannya.

Mengubah kebiasaan bukan perkara yang mudah, perlu sebuah usaha keras dan terus-menerus untuk bisa berhasil mencapainya. Namun, bila sudah dijalani, kebiasaan baru yang terasa berat akan berubah menjadi ringan.

Di bawah ini langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu melindungi bumi dari sampah plastik.

1. Mulai dari Diri Sendiri

Perubahan besar dapat dimulai dengan melakukan langkah kecil, salah satunya dari diri sendiri. Hal kecil yang bisa dilakukan untuk menangani masalah sampah plastik ialah dengan memilah sampah dan mendaur ulang. Contohnya, sampah basah yang biasanya diproduksi dari sisa makanan bisa diubah menjadi pupuk kompos.

Untuk sampah kering, bisa dimanfaatkan menjadi barang-barang kerajinan, seperti mainan anak-anak dan  tas. Jika memiliki sedikit waktu luang, kalian bisa membawa sampah kering tersebut ke bank sampah.

2. Mengganti Barang yang Tidak Bisa Didaur Ulang

Langkah selanjutnya ialah dengan membawa barang-barang yang reusable untuk mengurangi plastik. Barang-barang tersebut berupa totebag, botol minum, sedotan, dan alat makan.

Barang-barang tersebut sebaiknya dimasukkan dalam satu tempat sehingga saat Anda bepergian tidak ada yang tertinggal. Untuk menjaga kebersihannya, Anda bisa langsung mencucinya setelah digunakan.

3. Berbagi Ilmu

Semakin banyak ilmu yang dibagi kepada orang lain, semakin bertambah pula ilmu yang kamu dapat. Oleh sebab itu, meskipun tidak bisa memaksakan orang lain untuk memulai kebiasaan seperti yang kamu lakukan, setidaknya dengan membagikan ilmu, mereka akan dapat memahaminya. Dengan membagi ilmu kepada keluarga, sahabat dan teman, pun bisa membuat kamu saling mengingatkan satu sama lain termasuk dalam penggunaan plastik yang berlebihan, bisa diganti atau memanimalisir penggunaanya dengan menggunakan barang-barang yang bisa dicuci.

 


Hideo Ken

26 Blog posting

Komentar