5 Jenis Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang banyak dialami orang-orang tua tampaknya memang harus diubah. Saat ini semakin banyak orang berusia masih muda yang menderita gangguan jantung, bahkan mengalami serangan jantung.

Penyakit jantung adalah kondisi jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguan bermacam-macam. Ada gangguan pada pembuluh darah jantung, katup jantung, irama jantung, atau gangguan akibat bawaan lahir.

Jantung adalah otot yang terbagi menjadi empat ruang. Dua ruang terletak di bagian atas, yaitu atrium (serambi) kanan dan kiri. Sedangkan dua ruang lagi terletak di bagian bawah, yaitu ventrikel (bilik) kanan dan kiri. Antara ruang kanan dan kiri dipisahkan oleh dinding otot (septum) yang berfungsi mencegah tercampurnya darah yang kaya oksigen dengan darah yang miskin oksigen.

Penyakit jantung menjadi salah stau penyakit mematikan yang pernah ada. Penyebabnya pun cukup beragam. Mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak tinggi, tekanan darah yang tinggi, serta masih banyak lagi penyebab lainnya. Tapi bukan berarti penyakit tersebut tidak dapat dicegah. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat? Apa saja? Simak di bawah ini!

1.Buah Jeruk

Buah jeruk dapat membantu menjaga arteri dan melindungi tubuh dari serangan jantung. Selain itu, kandungan di dalam buah jeruk juga dapat mengurangi kadar kolesterol darah​, yangdapat mencegah datangnya penyakit yang tidak dinginkan.

2.Buah Berries

Stroberi, bluberry, raspberry, cranberry, dan jenis buah berry lainnya ternyata tidak hanya enak untuk dikonsumsi namun juga dapat membantu memelihara kesehatan jantung. Selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, buah berry juga memiliki fitonutrien yang merupakan senyawa yang dapat melindungi kerja jantung.

3.Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat yang cukup tinggi yang baik bagi kesehatan jantung. Konsumsi kacang juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Dimana LDL yang tinggi memicu resiko tinggi penyakit jantung. Manfaat lainnya yaitu menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah yang memicu serangan jantung. Jadi coba ganti cemilanmu dengan kacang almond atau hazelnut.

4. Ikan Salmon

Ada kandungan omega 3 yang tinggi dalam ikan salmon dapat mengurangi penyumbatan pembuluh darah dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

5.Bawang Putih

Bahan dapur yang satu  ini telah dikenal sejak lama sebagai antiobiotik alami. Bawang putih juga bermanfaat untuk mengurangi pengentalan darah dan bisa meningkatkan kesehatan jantung.​ Selain itu, bawang putih juga mampu merangsang produksi empedu untuk membantu menurunkan kadar lemak pada hati dan jantung.​ Jadi, pastikan gunakan bawang putih dalam setiap masakanmu.

Nah, selain mengonsumsi makanan di atas, pastikan kamu juga menjalani gaya hidup yang sehat, istirahat yang cukup, serta olahraga secara rutin. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati. Yuk, cegah penyakit jantung sejak dini!


Erna Rustiana

57 Blog posting

Komentar