Cara Mudah Menjadi “Content Creator” Youtuber Gaming Bagi Pemula

Youtube menjadi salah satu media kreasi bagi semua orang. Salah satu kreasi yang paling diminati adalah menjadi konten kreator gaming.

Di zaman ini masyarakat sudah banyak yang mengenal tekonolgi. Menyebarkan video di internet bukanlah hal yang susah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya content creator yang mengunggah karyanya  berupa video ke media social yutube.

Langkah pertama yang paling penting untuk menjadi seorang youtuber gaming adalah membuat akun youtube. Karena kalau tidak punya akun youtube bagaimana kamu bisa menjadi seorang youtuber? Kamu bisa membuat akun youtube menggunakan email yang kamu gunakan saat ini atau bisa juga membuat akun youtube baru dari email lain yang bisa kamu buat.

Langkah selanjutnya kamu harus mempersiapkan beberapa aplikasi pendukung yang bisa menunjang aktivitasmu terutama saat kamu akan melakukan live streaming. Karena kalau kamu menggunakan hp, bermain game secara live streaming akan sangat mudah untuk membuat konten kamu. Selain itu kamu juga harus download aplikasi Youtube Creator Studio untuk mengatur isi channel kamu seperti edit judul, deskripsi, thumbnail, tag dan kategori. Kamu juga bisa melakukan analisa seputar channel kamu dengan menggunakan aplikasi ini.

Modal awal membuat video tidaklah terlalu mahal dan ribet. inilah modal awal menjadi seorang content creator gaming di Youtube:

1. Membuat Channel Youtube

Pertama agar kamu bisa menjadi Youtuber gaming adalah memiliki channel. Channel di Youtube memiliki peran sebagai stasiun televisi pribadi milik perorangan atau kelompok. Para content creator dapat mengunggah video dan berinteraksi dengan penonton Youtube.

2. Memberikan Nama Channel Yutube Yang Menarik

Dalam pemilihan nama channel harus menarik dan mudah diingat, kita harus kreatif dalam memilih namanya. Gunakanlah nama yang simpel dan mudah diingat oleh orang lain. Bisa menggunakan nama fiksi yang kreatif. Apabila nama channel sudah kreatif dan mudah diingat, akan memudahkan channel kalian untuk terkenal di masyarakat luas.

3. Menentukan Konten Game Yang Banyak Diminati

Modal dalam menentukan game yang diminati banyak orang. Seperti game yang sudah digunakan oleh para yutuber, misalnya Advanture, Action, Role dan masih banyk lagi jenis game yang dimainkan. Namun lebih baik kalian menggunakan konten game yang sering kalian mainkan. Jika sudah menentukan game tahap selanjutnya adalah kalian harus memahami hal dasar atau basicnya agar ketika nanti merekam video game di yutube tidak terlihat kaku.

Game asli atau bajakan (download)?

Saya sarankan game yang kamu mainkan adalah game yang asli, kamu bisa dapatkan dengan cara membeli game fisik di toko-toko game. Namun, jika toko fisik sulit ditemukan, kalian bisa membelinya di toko-toko virtual game seperti: Steam, Uplay yang sudah banyak orang menggunakannya.

Kalian juga bisa, memainkan game bajakan untuk merekam video gaming yang akan di-upload di Youtube. Namun, game bajakan ini memiliki kelemahan tersendiri. Di mana, membajak sebuah game adalah tindakan yang sebenarnya dilarang karena hal itu bersifat kurang menghargai para pembuat game itu sendiri. Kalian juga akan lebih mudah bosan dalam memainkan game bajakan karena usaha untuk mendapatkan game itu sendiri sangat minim, hanya bermodalkan kuota internet yang bukan merupakan halangan apabila kalian pengguna Wi-Fi dengan kuota yang besar atau bahkan unlimited. Kelemahan game bajakan adalah tidak bisa online, atau memainkan game bersama dengan teman atau orang lain yang bermain dalam waktu yang sama.

4. Menggunakan Alat Rekam

Apa yang membedakan content creator gaming dengan gamers biasa? Ya, content creator gaming merekam kegiatan bermain game mereka. Bagaimana caranya? Adalah dengan menggunakan software perekam layar 'in game' komputer kalian menggunakan software-software yang sudah tidak asing lagi bagi kita, seperti Fraps dan Bandicam. Jika menggunakan software ini, kita dapat merekam semua gerakan yang kita lakukan dalam game tersebut.

Merekam reaksi kita ketika bermain?

Hal ini tidaklah mutlak, namun untuk meningkatkan kualitas video dan menambah interaksi kita dengan penonton video kita. Dapat menggunakan kamera DSLR, mirrorless, bahkan kamera

ditambahkan belakangan ketika mengedit video bersamaan dengan hasil rekaman game yang semula kita rekam menggunakan Fraps atau Bandicam.

Saat merekam, usahakan menggunakan tripod atau letakkan di bidang datar yang sejajar dengan wajah kalian sehingga penonton nyaman ngeliatin wajah kalian yang stabil rekamannya alias tidak goyang-goyang.

5. Alat Rekam Suara (Audio)

Mungkin jika rekaman game saja terasa kurang seru bagi penonton, perlu ditambahkan audio atau rekaman suara kita ketika bermain. Rekaman suara dapat berupa komentar, reaksi, deskripsi tentang apa yang terjadi dalam game tersebut. Untuk merekamnya dapat menggunakan mic di headset itu sendiri dengan harga yang bersahabat di kantong, namun untuk kualitas yang lebih baik dapat menggunakan mic khusus untuk merekam suara Anda tetapi dengan harga yang sedikit lebih mahal dari mic yang sudah terpasang di headset itu sendiri.

Alternatif lain apabila tidak memiliki mic

Jika dalam memulai nge-Youtube modal yang dimiliki minim, dapat menggunakan mic yang tertempel di HP melalui aplikasi 'Voice Recorder'. Gunakan dengan mode satu arah apabila ada agar suara selain komentar dan reaksi kita tidak menganggu rekaman.

6. Software Editing Video

Kegiatan rekaman telah selesai dilakukan dan kita mendapatkan satu buah file video, sebelum di-upload ada baiknya diedit terlebih dahulu agar menarik ditonton. Proses editing yang simpelnya adalah menggabungkan 'facecam' yang kita rekam dengan rekaman game yang kamu mainkan dengan file rekaman suara kita. Kemudian dipotong di bagian-bagian yang dirasa kurang penting lalu diberikan efek-efek yang sesuai. Tutorialnya dapat kalian search masing-masing di Google. Setelah selesai mengedit, video dapat di-render untuk menyatukan semua bagian yang telah diedit. Disarankan menggunakan PC/laptop yang spesifikasinya mumpuni agar proses rendering dapat berjalan dengan lacar dan tidak terlalu makan waktu yang lama.

Software Editing Video Yang Disarankan

Banyak orang yang menggunakan Sony Vegas. Selain Sony Vegas ada juga Adobe Premiere Pro. Bagi kalian pengguna Mac / Apple dapat menggunakan iMovie. Tidak disarankan untuk mengedit video di hanphone atau tablet. Mengapa? Karena selama mengerjakannya akan terasa sulit dan fiturnya beberapa tidak selengkap yang ada di PC / laptop. Jadi dalam proses editing, sebaiknya gunakanlah PC atau laptop.

7. Membutuhkan Jaringan Wifi atau Paketan Data yang Lancar

Ya, dalam menjadi content creator Youtube kalian butuh kuota yang tidak sedikit. Karena proses upload itu terkadang memakan waktu yang cukup lama. Estimasi upload video terlama saya pernah menyentuh sekitar 6 jam bahkan lebih. Bayangkan apabila kuota kamu kurang atau tidak mencukup. Proses upload dapat terhenti sewaktu-waktu di tengah-tengah proses upload.

Internet yang Disarankan

Untuk mengatasi kuota yang berkurang ketika proses upload, ada baiknya menggunakan Wi-Fi yang memiliki kuota unlimited. Sudah banyak provider yang menyediakan internet dengan kuota yang tidak terbatas. Positifnya, kalian akan tenang selama proses upload dan tidak boros dengan menggunakan internet yang kuotanya unlimited.

8. Konsistensi Terhadap Konten

Apabila telah meng-upload satu video, lanjutkan karya-karymu dengan video yang lebih banyak lagi ke depannya. Untuk menjadi 'terkenal' di Youtube tidak cukup dengan satu video apabila kamu memang memulai dari awal. Kecuali kamu memulai dari tengah, mungkin saja bisa.

Jangan khawatir dengan jumlah viewers dan subcribers yang awal-awalnya masih sedikit. Konsistensi dan kreatif dipertahankan, Anda pasti bisa menjadi Youtuber Gaming yang sukses. yang terakhir, jangan lupa perbanyak doa agar sukses.

 


Hideo Ken

26 Blog posting

Komentar