Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Online Shop: Beginilah Caranya?

Bagi Anda pelaku online shop membuat konsumen percaya adalah wajib. Jika kepercayaan sudah terbangun, maka mereka tidak akan ragu belanja di toko Anda.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Online Shop: Beginilah Caranya?

Sudah banyaknya penjual online shop yang beredar di Indonesia yang kini mempermudah seseorang pengguna internet untuk mengakses mencari kebutuhan yang dinginkan. Apalagi kini banyak online shop yang menyediakan sebuah aplikasi agar proses transaksi lebih mudah menggunakan via mobile. Jadi, konsumen tidak perlu bersusah payah untuk menggunakan PC atau laptop ketika ingin melakukan sebuah transaksi. Dengan adanya aplikasi, konsumen akan lebih mudah dalam melakukan transaksi menggunakan smartphone.

Sebagai konsumen online pasti sering mendengar berita penipuan yang dilakukan oleh online shop. Konsumen yang sudah membayar, terkadang langsung di blokir atau online shop menghilang begitu saja. Hal ini tentunya akan membuat kita berasa lebih waspada atau meungkin takur untuk melakukan pembelian online. Secara tidak langsung akan berdampak juga pada sulitnya online shop untuk mendapatkan konsumen.

Namun dengan begitu, masih banyak online shop yang tetap lancar dan sukses berjualan dan mendapatkan kepercayaan konsumennya. Mengapa bisa? Tentunya tidak mudah bagi mereka untuk mendapatkan kepercayaan komsumen, karena tidak ada hal pasti yang membuat kepercayaan tersebut muncul. Terkadang konsumen hanya menggunakan feeling saat memilih untuk belanja di onlibe shop, khususnya ketika ada beberapa online shop yang menawarkan sebuah produk dengan harga yang sama.

Namun, untuk menimbulkan feeling yang baik pada konsumen, tentu penjul online shop juga harus ada usaha. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan bagi para penjual online shop untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

 

Mencantumkan Foto Produk yang akan Dijual

Online shop harus mencantumkan foto atau gambar produk yang akan dijual. Dari situ konsumen akan melihat produk yang ditawarkan hanya berdasarkan foto yang di upload oleh online shop. Karena konsumen akan membandingkan dari hasil foto produk yang lebih menarik dan terlihat original atau keasliannya.

 

Mengupload Hasil Testomonial dari Konsumen

Setelah konsumen melihat foto, mereka akan mencari dan memperhatikan testimonial atau review dari konsumen yang sudah pernah membelidi toko online tersebut. Dari hasil testimoni inilah konsumen bisa menilai baik buruknya  tentang toko online. Maka dari itu akan sulit bagi konsumen untuk percaya jika hasil dari testimoninya banyak yang negative, begitu sebaliknya konsumen akan mudah menaruh rasa percaya kepada toko online yang sudah mendapatkan review yang baik. Dengan hal ini penjual onlie shop wajib untuk melayani dengan baik agar konsumen memberikan review yang baik.

 

Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Konsumen

Jika sudah ada konsumen yang membeli di toko online shop kalian, hal selanjutnya yang dilakukan adalah melakukan komunikasi dengan baik kepada konsumen. Kecepatan dan kelancaran online shop dalam memberikan respon akan sangat berpengaruh pada rasa percaya konsumen.

Namun, kegita hal yang sudah dijelaskan diatas akan berpengaruh pada seseorang yang baru membuka online shop. Sementara untuk online shop yang sudah cukup terkenal, masalah kecepatan dalam merespon konsumen tidak terlalu berpengaruh, karena para konsumen akan merasa maklum jika respond sedikit lambat. Dan pastinya konsumen sudah melihat foto dan hasil testimonial.


Hideo Ken

26 Blog posting

Komentar