6 Manfaat Daun Mindi untuk Kesehatan Tubuh dan Tanaman

Manfaat daun mindi bagi kesehatan tubuh dan tanaman

Hampir setiap bagian dari pohon mindi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Tetapi, daun mindi menjadi bagian yang paling memiliki banyak manfaat. Itu karena di dalamnya terdapat banyak senyawa aktif yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, daun mindi juga dapat digunakan dalam pembuatan peptisida, bahkan bisa untuk mengusir hewan pengerat seperti tikus. Tak heran jika Anda sering menemukannya tumbuh di pemukiman warga atau pinggir jalan.

Berikut ini beberapa manfaat lain daun mindi yang bisa Anda rasakan:

Menangkal radikal bebas

Kandungan flavonoid dalam daun mindi berguna untuk memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas. Dengan kandungan ini, bisa diartikan bahwa daun mindi dapat mengurangi risiko penyakit kanker.

Menyembuhkan jerawat

Daun mindi memiliki kandungan antibakteri. Salah satu jenis bakteri yang dapat diatasi adalah Staphylococcus Aureus. Ini adalah bakteri yang menyebabkan jerawat. Penggunaan daun mindi pada jerawat diyakini dapat mempercepat penyembuhan.

Mengontrol kadar gula darah

6 Manfaat Daun Mindi untuk Kesehatan Tubuh dan Tanaman (1)
Ilustrasi mengontrol gula darah. Foto: Pixabay

Berdasarkan penelian dari India, daun mindi dapat menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan.

Kaya akan antioksidan

Daun mindi memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Senyawa yang berperan aktif dalam keberadaan antioksidan itu adalah alkaloid, tannin, saponin, dan fenol.

Mengatasi cacing kremi

Daun mindi mengandung bahan aktif yang disebut toosendanine. Senyawa ini memiliki sifat antihelminthal. Maksudnya adalah bisa melumpuhkan atau mematikan cacing yang berada dalam usus.

Memberantas hama tanaman

Selain untuk kesehatan tubuh, daun mindi juga berguna untuk tanaman. Daun mindi dapat menghilangkan hama dan penyakit yang mempengaruhi tumbuh kembang tanaman.

Sumber:kumparan.com


Hazlina Warda

275 Blog posting

Komentar