5 Jenis Rekomendasi Mesin Kopi Yang Cocok Untuk Coffee Shop

Sekarang ini sudah banyak kita temui coffee shop yang sudah mulai berkembang pesat di Indonesia. Mungkin dari disini kalian ingin mendirikan sendiri usaha coffee shop sendiri. Saat kalian inin memulai buka usaha coffee shop

Sekarang ini sudah banyak kita temui coffee shop yang sudah mulai berkembang pesat di Indonesia. Mungkin dari disini kalian ingin mendirikan sendiri usaha coffee shop sendiri. Saat kalian inin memulai buka usaha coffee shop, salah satu mesin yang wajib kalian miliki ialah mesin kopi espresso. Semua jenis minuman berbahan dasar dari espresso lebih baik menggunakan mesin ini agar hasil dari ekstraksi biji kopi yang berkualitas.

Kata dari espresso berasal dari bahasa italia yang berarti express atau cepat. Tentu berbeda dengan alat manual brewing yang disajikan melalui suatu proses atau tahapan yang cukup memakan waktu..

Didalam mesin espresso, terdapat beberapa bagian penting sehingga dapat menghasilkan espresso yang berkualitas.

Dalam beberapa bagian dari mesin espresso, diantaranya ada group handle, group head, steam nozze, steam wand, on-off control, filter basket, shower, seal, cup warmer dan boiler.

 

5 Jenis Mesin Kopi Espresso untuk Bisnis Coffee Shop

Beberapa jenis mesin espresso yanng terbagi dalam beragam jenis berdasarkan kebutuhan penggunaan. Kalian ingin memulai membuka usaha coffee shop da mencari jenis-jenis mesin kopi terbaik? Berikut beberapa mesin espresso yang sesuai dengan kebutuhan untuk membuka usaha coffee shop;

1. Mesin kopi super-automatic

Mesin espresso tipesuper-automatic ini dapat menggiling, memanaskan kopi dan memadatkan.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup dengan menekan tombol dan mesin espresso akan segera membuat kopo sesuai dengan menu yang akan dibuat.

2. Mesin kopi komersial/professional

Mesin jenis komersial/ profesional ini merupakan mesin impian bagi para barista. Mesin yang memiliki ukuran besar dan terlihat tanggguh.

Jenis ini memiliki group head lebih dari satu guna untuk menunjang kecepatan produksi dan tahan lama.

Dengan tingkat kesulitan yang tinggi, mesin ini cenderung digunakan oleh barista yangprofesional, karena cara penggunaan yang lebih teknikal dan rumit.

3. Mesin kopi automatic

Mesin yang di desain bergaya modern dan elegan,  dengan cara penggunaannya yang cukup praktis tanpa harus banyak belajar dari orang. Contohnya kita membuat kopi seperlunya saja, cukup dengan menggunakan satu kapsul kopi yang akan diminum.

4. Mesin kopi semi-automatic

Mesin jenis ini sangat cocok bagi penggemar kopi yang berkeinginan untuk menjadi barista dirumah sendiri, kalian bisa menakar kopi yang ingin dibuat dalam takaran yang sesuai dengan mesin yang digunakan. Mesin jenis ini memiliki beberapa fitur seperti portafilter, boiler dan sebuah lever.

5. Mesin kopi manual

Mesin jenis ini memiliki fitur fungsional yang lebih lengkap seperti steam pressure guage, boiler, postrafilter, serta manual lever untuk mengendalikan lamanya waktu ekstraksi espresso secara manual. Jika kalian ingin belajar menjadi seorang barista dirumah sendiri. Mesin tipe ini sangat cocok  menjadi pilihan.

Saat kalian menggunakan mesin kopi yang manual ini, kalian harus menggiling kopi sendiri, tamping, mengatur tekanan dan suhu hingga lamanya ekstraksi.

Tidak hanya mesin kopi espresso yang menunjang bisnis coffee shop kalian, masih asa beberapa alat yang menunjang untuk pembuatan kopi lebih mudah dan cepat.

 

Referensi: Espresso Machine


Erna Rustiana

57 Blog posting

Komentar