Penyebaran Virus Corona

Mencegah lebih baik daripada mengobati !

Corona virus atau penyakit virus corona kini telah menyapa beberapa negara di dunia.  Negara yang telah membenarkan sudah adanya infeksi corona virus kini dalam meningkatan pengamanan dan upaya dalam pencegahan masuknya virus tersebut.

Cara yang mudah untuk melakukan pencegahan virus ini misalkan mencuci tangan pakai air dan sabun serta gunakan masker kemanapun kamu pergi. Upaya ini dilakukan supaya korban yang terkena virus corona bisa segara pulih, agar tak menambah korban jiwa da tidak menyebakan virus lebih luas ke masyarakat.

Sebelum jauh membahas virus corona, kita harus mengetahui dulu apa itu virus corona?  Dikutip dari Web MD, coronavirus sebetulnya virus umum yang tidak berbahaya. Virus corona menginfeksi  bagian tutbuh seperti hidung, tenggorokan bagian atas dan sinus. Meski begitu, infeksi beberapa jenis virus corona ternyata bisa berdampak serius bagi penderitanya sampai pada titik memakan korban jiwa.

Virus corona telah memakan koban jiwa sebanyak 585 jiwa akibatnya Middle East respiratory syndrome (MERS), yang pernah terjadi pada tahun 2015. Virus ini menyebar dari kelelawar terus ke unta dan kemudian ke manusia. 

Corona virus menyebabkan 774 jika kematian akibat Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), yang pernah ada pada tahun 2005. virus SARS ini penyebarannya berasal dari kelelawar terus ke luwak dan sampailah ke manusia.

mengapa kelelawar yang menjadi penyebab utama penyebaran virus ini, karena kalelawar menyimpan reservoir atau tempat penyimpanan untuk virus yang muncul kembali dengan potensi zoonosis, penyakit yag menulardari hewan  vetebrata, ke manusia atau sebaliknya.

Dan ternyata virus corona yang ditemukan di manusia miri sekali dengan virus corona yang ditemukan pada hewan kelelawar hingga 89.91%.

Pada akhir bulan Januari 2020, WHO mengindentifikasi 2019-nCoV di China. Ada sekitar 300 kasus yang teridentifikasi di China. Tiap negara telah menyiapkan upaya pencegahan dan pengamanan, namun virus corona tetap mampu menyebar ke seluruh dunia.

Adapula ciri-ciri virus corona yang haruskita ketahui agar dapat melakukan pencegahan. Virus corona atau corona virus pertama kali diidentifikasi pada tshun 1960, namun tidak diketahui asal virusnya. Nama corona virus berasal dari bentuknya yang mirip mahkota. Pada beberapa kasus, virus corona bisa menginfeksi hewan dan manusia.

Pada umumnya virus corona menyebar seperti virus influenza. Coronavirus menyebar melalui batuk dan bersin. Namun penyebaran juga bisa terjadi melalui sentuhan tangan, wajah, dan pegangan pintu atau bagian lain yang umum disentuh. Demi kesehatan pada diri, kita harus mengetahui bagaimana penyebaran virus corona agar kita dapat melakukan pencegahan dari infeksi virus corona.

Infeksi virus corona kini semakin menyebar hingga ke 13 negara yang ada di dunia. Negara tersebut adalah China, Singapura , Jepang, Prancis, Malaysia,  Australia, Thailand, Amerika Serikat, Kanada, Vietnam, NepalKorea Selatan, dan Taiwan.

Dikutip dari detik inet, John Hopkins University di Amerika mengembangkan peta digital untuk memantau penyebaran virus corona 2019-nCoV di dunia. Peta ini dikembangkan Center for System Science and Engineering (CSSE) yang merupakan peta real time.

sumber : Peta Penyebaran Virus Corona. (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

Semua titik berwarna merah pada peta menujukkan banyaknnya lokasi yang menjadi ancaman terhadap penyakit corona virus. Makin besar titiknya, maka makin banyak kejadian infeksi virus corona di lokasi tersebut.

 


Erna Rustiana

57 Blog posting

Komentar