WISATA RELIGI : Masjid Chengho Perpaduan Budaya Palembang dan Tionghoa

Hallo Ruang Juara Lovers, Tertarik untuk Wisata Religi ke Kota Palembang, Jangan Lupa Mampir ke Masjid Yang satu ini. Check It Out.. (Ilustrasi Foto : Indonesiakaya.com)

Ketika Kita menelisik beberapa tempat wisata religi di kota Palembang, tidak terlepas dari keindahan bangunan dan arsitektur budaya yang pernah menghampiri kota Palembang. Tak jauh dari pusat Kota Palembang terdapat satu masjid yang sangat unik. Terdapat nuansa klenteng dengan tiang-tiang berbentuk pagoda yang merupakan nuansa budaya tionghoa selain itu warna masjid tersebut di dominasi oleh merah dan hijau. Masjid yang baru diresmikan tahun 2006 itu bernama Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho atau orang menyebutnya dengan sebutan Masjid Cheng Ho.

Pada awal berdiri, Masjid Cheng Ho dibangun sebagai alat pemersatu dan menjaga hubungan antar masyarakat keturunan Tionghoa dan masayarakat Palembang pada umumnya. Namun karena arsitekturnya yang unik masjid ini akhirnya juga menjadi tujuan wisata religi baik lokal maupun mancanegara.

Penempatan nama Cheng Ho untuk masjid yang dibangun oleh Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Palembang itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, panglima angkatan laut Tiongkok abad XV itu pernah melakukan ekspedisi ke Nusantara.

Ia melakukan ekspedisi dengan armada yang sangat besar. Awalnya ekspedisi hanya untuk perdagangan. Namun semakin lama Cheng Ho juga turut menyebarkan agama Islam di tanah air termasuk Palembang. Dan sebagai jasa beliau masyarakat Palembang membangun masjid ini untuk mengenang kebaikan yang diberikan oleh beliau kepada masyarakat Palembang.

Selain itu, Masjid Cheng Ho dapat menampung lebih kurang 500 Jama’ah. Dan banyak wisatawan dari lokal maupun mancanegara berkunjung dan beribadah di Masjid ini.

Tertarik untuk berkunjung ke Masjid yang unik ini ?

Ayo ke Palembang dan anda akan rasakan hal yang luar biasa di perjalanan wisata religi anda.

 

https://kumparan.com/hijab-lifestyle/mengenal-keunikan-masjid-cheng-ho-di-palembang-1537005241548983240

https://indonesiakaya.com

https://www.pegipegi.com/travel/15-tempat-wisata-di-palembang-yang-harus-dikunjungi/

https://travelingyuk.com/wisata-palembang/117158/?utm_source=idleutm_medium=dekstoputm_campaign=reload


Ahd. S. Jabek

12 Blog posting

Komentar