Apa itu NEW NORMAL dalam masa pandemi covid-19?


Konsep New normal, bersikap produktif namun tetap memperhatikan protokol pencegahan covid-19. Artinya kita tetap memastikan keamanan diri dari penyebaran virus corona.

.

Pada Peraturan Pemerintah nomor 21 Tahun 2020 tentang PSBB, sebagai upaya dalam rangka untuk mempercepat penanganan COVID-19, dengan meliburkan tempat kerja sebagai salah satu wujud PSBB. Namun roda perekonomian harus tetap berjalan, sehingga dunia kerja tidak mungkin selamanya diliburkan atau dibatasin. Artinya pasca PSBB, perlu adanya adaptasi kesiapan dunia kerja melalui pola hidup baru atau New Normal,

Konsep New normal, bersikap produktif namun tetap memperhatikan protokol pencegahan covid-19. Artinya kita tetap memastikan keamanan diri dari penyebaran virus corona. Sehingga pada fase ini, masyarakat tetap diwajibkan menggunakan masker saat keluar rumah, membawa handsanitaizer, rajin mencuci tangan menggunakan sabun, dan social distancing secara fisik. Masyarakat tetap harus waspada, walaupun melakukan kegiatan fisik diluar rumah, tetap Hindari kerumunan, jangan sampai kita berkumpul secara berkelompok. Artinya jangan berada ditengah kerumunan, hal Inilah yang harus mulai dibiasakan dari sekarang dalam menghadapi dunia baru atau new normal ditengah wabah covid-19, namun kita tetap bisa produktif atau melakukan kegiatan-kegiatan yang positif pada umumnya, misalnya kerja atau sekolah.

Adapun prinsip utama dari kehidupan new, dapat menyesuaikan atau beradaptasi dengan masa pandemi ini. ANDA harus beradaptasi dengan beraktivitas secara new normal. Konsep sederhananya ANDA bekerja namun harus tetap membatasi kontak fisik dengan orang lain seperti menghindari kerumunan. Artinya ANDA tetap menjalani kehidupan secara new normal dengan menyesuaikan kondisi sekarang, sampai pada akhirnya ditemukannya vaksin sebagai penangkal virus corona. Sejauh ini vaksin masih ditelaah atau diteliti, ada kemungkinan tahun 2020 bahkan 2021 vaksin itu baru ada, jadi buat kita mari berdamai dengan keadaan sekarang dengan menjalankan hidup new normal, tetap produktif ditengah pandemi covid-19

Artinya, perubahan perilaku dengan beradaptasi dengan kondisi sekarang, akan menjadi kunci kesuksesan dalam menghadapi masa pandemi, tentunya  dengan menerapkan protokol kesehatan atau new normal. Namun kita harus bersama-sama bergotong royong dan positive thingking untuk menghadapi wabah covid-19 Dengan perubahan budaya yang kita lakukan. Seperti menerapkan pola hidup sehat dan bersih, dengan menerapkan pola makan sehat dan rajin mencuci tangan, merupakan hal sederhana namun memiliki dampak yang luar bisa untuk kehidupan ANDA. Selanjutnya memakai masker setiap ANDA keluar rumah. Dengan demikian, adanya new normal, masyarakat dapat melaksanakan hidup secara normal atau beraktivitas seperti biasa, dengan tetap memperhatikan keamanan sesuai protokol kesehatan. ANDA aman, sehat,serta tetap bisa produktif, ditengah masa covid-19.

4575 Tampilan