6 Usaha yang Cocok Untuk Pelajar dengan Modal kecil Namun Menguntungkan

Apakah pernah terpikirkan dapat menghasilkan uang sendiri meskipun kamu masih seorang pelajar? Pasti sangat menyenangkan dapat memiliki barang yang diinginkan dengan uang hasil kerja keras sendiri.

Sebagai seorang pelajar kita pasti pernah mengalami masalah keuangan. Hal ini disebabkan akibat orang tua yang memberi uang saku yang sedikit. Padahal bagi seorang pelajar banyak sekali keperluan mendadak harus segera dipenuhi. Apakah pernah terpikirkan dapat menghasilkan uang sendiri meskipun kamu masih seorang pelajar? Pasti sangat menyenangkan bukan dapat memiliki barang yang kita inginkan dengan uang hasil kerja keras sendiri.

Penasaran kan usaha sampingan apa saja itu, yuk simak dan baca terus artikel ini.

1. Berjualan Pulsa elektrik

Usaha yang pertama yang cocok bagi seorang pelajar dengan modal yang sedikit adalah berjualan pulsa elektrik. Karena pasti setiap teman dikelas atau mungkin gurumu disekolah memiliki handphone, yang pastinya membutuhkan pulsa untuk keperluan sms, telepon, dan internet. Seperti yang kita ketahui dalam dunia pendidikan internet sudah menjadi hal yang umum dan tidak terlepaskan dalam kehidupan sehari-hari oleh karena itu menurut kami usaha berjualan pulsa elektrik sangatlah cocok bagi kamu pelajar yang memiliki modal sedikit dan tidak ingin menganggu waktu belajar karena pembeli akan menghampirimu sendiri.

2. Berjualan Makanan

Pernahkah kamu terpikir untuk berjualan makanan disekolah? Jujur saja disekolah saya banyak sekali yang berjualan makanan. Diantara banyaknya yang berjualan ada salah satu kakak kelas yang membuat saya kagum dengan penjualan donatnya yang enak dan habis dengan waktu yang cepat. Dengan modal berkeliling satu kelas ke kelas lain pada jam istirahat, donat buatannya ini selalu habis dan laku keras bahkan sekarang ia menambah jualannya dengan aneka macam kue lainnya. Jika kalian senang memasak atau memiliki ibu yang jago dalam hal memasak mungkin usaha ini cocok untuk kamu karena dengan modal yang sedikit, makanan buatanmu pasti habis asalkan kamu tidak malu menjajahkannya dari kelas ke kelas lainnya, dan usahakan jika ingin berjualan makanan jual lah makanan yang memiliki rasa yang enak dan menarik.

3. Membuka jasa menjilid buku dan berjualan ATK

Jasa menjilid buku adalah jasa yang paling banyak dibutuhkan siswa disekolah menurut saya. Contohnya adalah saya sendiri yang malas dalam urusan menjilid tugas sendiri dan hasil jilid dan saya kurang rapi oleh karena itu saya sering menggunakan jasa jilid ini tetapi untuk pergi menjilid ditempat fotocopy diluar sekolah sangat lah susah untuk mendapatkan izin keluar maka terpaksa harus menggunakan jasa jilid yang ditawarkan oleh siswa disekolah. Dengan modal kertas Buffalo (kertas warna corak,yang sering digunakan sebagai cover menjilid,kertas undangan dll), satu buah plastik mika,cutter dan lakban kamu dapat memulai usaha kamu ini sendiri, jika menurut kamu usaha ini kurang ramai karena hanya menawarkan jasa jilid maka kamu menambahkan jualan alat ATK yang sering digunakan oleh pelajar, seperti menjualan eceran pena,mistas,tipe-x,kertas HVS, kertas double folio, dan alat tulis lainnya.

4. Jasa pembuatan dan pengerjaan tugas sekolah

Terkadang siswa sering kali kesulitan dalam mengerjakan beberapa tugas atau pusing karena banyak sekali tugas yang harus diselesaikan diwaktu yang bersamaan. Maka untuk meringankan tugasnya tsb ia harus membayar orang untuk mengerjakan tugasnya. Usaha jasa ini menurut saya tidak kalah pentingnya seperti jasa jilid buku seperti diatas, karena pasti setiap siswa ada yang kesulitan dalam hal mengerjakan tugas (Biasanya siswa yang baru masuk sekolah). Jasa pembuatan tugas ini bisa berbentuk makalah,laporan penelitian,jasa pembuatan peta(anak ips pasti pernah nih dikasih tugas gambar peta),dll.

5. Menjadi Guru Les Private

Jika kamu memiliki keahlian dibidang pelajaran tertentu kamu bisa menawarkan pelajaran tambahan terhadap anak SD atau SMP bahkan jika kamu sanggup bisa juga dengan anak SMA. Selain dapat menghasilkan uang kamu, juga dapat sekalian belajar bersama-sama. Untuk pelajaran tambahan yang sering dicari adalah pelajaran matematika dan bahasa inggris, Jika kamu ingin menjadi guru les private kamu dapat mulai mempromosikan dirimu langsung ke orang tua murid SD atau SMP tersebut atau dimulai dengan anak tetangga mu jika anak tersebut mengalami peningkatan maka bukan tak mungkin teman-temannya ikut les private dengan kamu.

6. Menjadi Reseller atau berjualan online

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan jualan online atau Reseller. Bahkan mungkin disekolah mu ada yang berjualan online ini. Dapat dibilang usaha ini tidak perlu modal karena barang tersebut kamu beli jika ada yang memberikan uang jadi kamu cukup promosi di media sosial atau bahkan langsung keteman-teman disekolah mu.

Itulah beberapa usaha sampingan yang cocok untuk pelajar yang memiliki modal sedikit. Diantara usaha sampingan diatas merupakan usaha yang terdapat disekolah saya dan mungkin juga banyak dilakukan anak disekolah lain jadi saya yakin usaha tersebut dapat kamu lakukan dan tentunya menguntungkan. Tetapi usaha sampingan tersebut tidak akan berjalan lancar jika kamu masih sifat malu atau gengsi terhadap teman-teman mu. Maka oleh karena itu jika kamu ingin usaha sampingan ini lancar dan sangat menguntungkan buang lah rasa malu dan gengsi kamu, tanamkan dalam hatimu kamu adalah pengusaha sukses yang akan berpenghasilan puluhan juta yang sedang melatih skill bisnis mu dari awal sekali. Jika menurut kamu artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman-temanmu yang mungkin sedang membutuhkannya.


Rizki Hermawanza

12 Blog posting

Komentar