Ingin Menjadi Pemenang Perlombaan? Perhatikan Sikap Juara Ini Dulu!

Sikap yang wajib anda miliki jika ingin menjadi sang juara!

Ingin Menjadi Pemenang Perlombaan? Perhatikan Sikap Juara Ini Dulu!

Ada beberapa sikap yang harus dilakukan bila ingin menjadi juara dalam sebuah perlombaan.  Salah satunya adalah harus bisa berpikir positif. Anda harus selalu berpikir dan tidak reaktif. Bila mengalami kesulitan, jangan panik atau marah. Karena jika panik, otomatis Anda tidak bisa bersikap rasional. Maka dari itulah sikap yang baik sebagai seorang pemenang adalah harus bisa mendisiplinkan diri dan bersikap tenang.

Anda harus memikirkan cara mengatasi semua masalah dengan efektif disaat mengikuti perlombaan apapun. Jangan hanya berandai-andai saja. Tapi, harus segera take action supaya bisa menemukan solusinya. Anda harus yakin pada diri sendiri bahwa Anda bisa! Karena dengan kekuatan pikiran yang positif pasti akan membawa dampak yang positif juga.

Sikap Juara yang Harus Diperhatikan!

Selain berpikir positif, ada lagi beberapa sikap pemenang yang harus diperhatikan. Supaya apa yang tidak mungkin menjadi mungkin. Di bawah ini adalah sikap seorang juara bila Anda ingin memenangkan sebuah perlombaan tertentu, antara lain:

  1. Hilangkan Rasa Takut!

Anda harus selalu bersikap berani dan menghilangkan rasa takut jika ingin menjadi seorang pemenang. Anda harus punya tekat yang kuat bila ingin menjadi juara. Karena bila rasa takut dan cemas itu masih ada, hal ini akan mempersulit diri Anda sendiri untuk menjadi seorang pemenang. Hadapilah rasa takut dengan cara mengambil kertas dan tulis semua yang Anda takuti. Buat daftar selengkap mungkin dan pelajarilah manakah rasa takut paling menonjol. Setelah itu putuskan untuk menghilangkannya!

  1. Harus Antusias dan Berdamai dengan Hati Anda!

Sikap pemenang yang baik adalah harus selalu antusias dan berdamai dengan hatinya. Jadi, mulailah semuanya dengan benar. Misalnya Anda akan mengikuti lomba OSN, maka antusiaslah dan yakin bahwa Anda pasti akan menang. Selanjutnya, berdamailah pada hati Anda. Dengan berdamai, maka rasa khawatir disaat mengikuti perlombaan OSN akan hilang seketika. Sikap ini harus dilakukan oleh pelajar SMP dan SMA jika ingin menjadi juara lomba apapun, termasuk disaat mengikuti perlombaan OSN.

  1. Disiplin

Sikap disiplin wajib dimiliki jika ingin menjadi juara. Disiplin dimulai dari hal yang kecil terlebih dahulu. Apabila sikap ini sudah menyatu dalam diri Anda, tingkat keberhasilan tinggi dalam hal apapun. Dalam penerapan sikap disiplin anda juga harus tegas kepada diri sendiri. Misalnya, jika jadwal tidak bisa dengan baik, hukumlah diri Anda sendiri.

  1. Pantang menyerah

Kegagalan menjadi momok menakutkan bagi setiap orang. Jadikan sebuah kegagalan sebagai cambuk untuk meningkatkan kemampuan. Berlatih lebih keras lagi dan jangan sampai terbesit dihati kata “menyerah”. Seorang pemenang sangat diharamkan menyebutkan kata menyerah. Kata ini cocok bagi mereka yang tidak berani menghadapi tantangan. Tapi jika mental Anda sekeras baja, tentunya kegagalan bisa maknai sebagai batu kerikil semata.

Itulah beberapa sikap dari seorang juara. Dengan mengaplikasikan sikap tersebut dalam kehidupan, Anda akan menjadi seseorang yang tangguh. Mampu menghadapi risiko yang kemungkinan terjadi dikemudian hari. Satu lagi hal penting menjadi seorang pemenang yaitu doa. Berdoalah sebelum melakukan aktivitas agar segala urusan berjalan dengan lancar.

 


Ian Nizar

4 Blog posting

Komentar